Kekurangan Spandek dan Bondek

spandek bondek

Spandek dan Bondek adalah salah satu elemen yang tidak pernah pisah dari segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembangunan. Spandek Bondek merupakan dua elemen yang hampir selalu ada dalam proses pembangunan saat ini sebagai pengganti material yang konvensional. Spandek sebagai pengganti genting tanah liat maupun seng sedangkan Bondek merupakan salah satu material yang menggantikan tripleks atau papan kayu penyangga dalam pembuatan cor beton.

Banyak sekali yang menggunakan dua material ini karena dinilai lebih efektif dan efisien serta memiliki banyak sekali kelebihan-kelebihan yang membuat pembangunan lebih cepat dan rumah atau bangunan menjadi lebih awet dan tidak gampang rusak. Namun, dengan berbagai statement menarik tersebut tahukah Anda mengenai kekurangan dari Spandek Bondek ?

Material Spandek yang dinilai lebih baik dengan atap tanah liat atau seng ini ternyata juga memiliki kelemahan yaitu karena Spandek terbuat dari aluminium yang dicampur dengan seng ini menjadi sebuah konduktor panas yang baik, dan berarti mudah menyerap panas dan menghasilkan ruangan rumah yang lebih panas. Selain itu karena tipis juga menyebabkan suara yang berisik apalagi saat hujan deras. 

Seperti Spandek, Pelat Bondek juga memiliki banyak kelemahan yaitu Bondek ini tidak mudah dipotong seperti tripleks sehingga sebelum diaplikasikan harus diukur secara tepat sehingga saat membeli sudah dalam potongan yang tepat. Dalam pemasangannya pun juga memerlukan las listrik serta membutuhkan pekerja yang sudah pengalaman, hal ini menimbulkan biaya listrik yang lebih besar serta membutuhkan tenaga yang ahli. Pelat Bondek juga tidak cocok jika dipasang pada area tepi dan pelat Bondek juga tidak bisa disambung sehingga akhir potongan harus duduk di atas balok lantai.

Setelah mengetahui berbagai kekurangan Spandek Bondek apakah Anda tetap ingin menggunakannya ? jika iya Anda lebih baik memperhitungkan segalanya dahulu untuk mencegah berbagai kekurangan agar tidak terjadi dan malah mengganggu kehidupan kita serta malah menyusahkan. Dengan solusi yang sudah disiapkan maka kekurangan tidak akan menjadi kekurangan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *