Perbedaan Signifikan Saham dan Reksadana, Kita Perlu Tau!

berikut adalah perbedaan reksadana dan saham yang wajib kita ketahui

Perbedaan reksadana dan saham—Saham dan reksa dana, Anda mungkin sudah cukup familiar dengan dua istilah di atas, saham dan reksa dana. Keduanya berhubungan dengan investasi atau tanam modal di perusahaan tertentu yang dipilih sebagai mitra. Dalam memilih perusahaan tempat investasi, tentu ada beberapa pertimbangan, diantaranya adalah melihat dari segi visi misi, konsep, prospek perusahaan ke depannya. Inovasi yang dimunculkan menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang ingin menanam saham. Semakin maju perusahaannya, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan profit dari investasi yang Anda lakukan. Lalu, apa perbedaan antara saham dan reksadana? Apa betul keduanya sama? Berikut perbedaan reksadana dan saham yang perlu kita pahami bersama. 

  1. Saham

Dari segi definisi

Dari segi definisinya saham didefinisikan sebagai bukti bagian atas kepemilikan pemegang saham di perusahaan tertentu. Saham ini biasanya diperdagangkan dalam bursa saham, atau yang kita sering menyebutnya dengan investasi saham. 

Dari segi elemen pendukung yang lain

Bagi Anda yang ingin menanam saham, modal minimal untuk membuka rekening tergolong cukup besar. Setidaknya Anda harus melakukan deposit 5 juta minimal hingga puluhan juta. Proses pengelolaan dana dilakukan secara mandiri oleh pemegang saham, dengan tingkat risiko yang cukup tinggi. Sebanding dengan risiko yang di dapat, tingkat returnnya pun tinggi tergantung dari kejelian dan juga kecermatan pihak investor. Bisa dikata, meski biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk deposit, namun biaya operasionalnya terbilang ekonomis karena Anda tidak lagi membutuhkan pihak ketiga untuk pengelolaan keuangan.  

  1. Reksa dana

Dari segi definisi

Jika dilihat dari segi definisinya, pengertian reksa dana adalah wadah atau tempat untuk menampung dana dari masyarakat yang selanjutnya dana tersebut akan dikelola oleh pihak manajer investasi dengan baik dengan sebutan investasi paper asset.

Dari segi elemen pendukung yang lain

Berbeda dengan saham, reksa dana menawarkan investasi minimal yang bisa dikata sangat terjangkau. Setidaknya Anda bisa memulainya dari 100 ribu rupiah saja. Dana reksa dana tersebut akan di tampung oleh pihak manajer investasi selaku agen. Disini, Anda memerlukan dana tambahan untuk membayar pihak agen. Profitnya pun tidak sebesar saham karena dibagi oleh semua anggota reksa dana. Selain itu, jika melihat dari risiko yang harus ditanggung jauh lebih kecil  dibandingkan saat Anda memilih untuk tanam saham. Dengan nominal pembukaan rekening yang sangat terjangkau itu, sangat mungkin banyak pihak yang siap terlibat untuk tanam reksa dana, mulai dari pelajar dan mahasiswa. 

Perbedaan saham dan reksa dana di atas akan memberikan gambaran bagi Anda mengenai manakah pilihan yang akan Anda pilih untuk investasi, apakah Anda lebih memilih investasi saham atau lebih memilih reksa dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *