Cara Merawat Genset Solar Yang Benar dan Tepat

genset

Genset solar merupakan salah satu jenis genset yang cukup umum ditemui di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan genset jenis lain, genset yang satu ini sepertinya memang lebih sering digunakan. Namun, hal ini tidak berarti bahwa genset jenis solar 100% sempurna tanpa adanya kekurangan. Nah, pada artikel di bawah ini, Anda dapat mempelajari kelebihan dan kekurangan dari genset solar. Khususnya, jika Anda memang berencana untuk membeli genset ini dalam waktu dekat.

Kelebihan Genset Solar

Kelebihan utama dari genset jenis solar adalah penggunaan bahan bakar solar yang sangat mudah ditemukan. Khususnya di Indonesia, solar memang umum digunakan serta dijual bebas. Memang, penggunaan bahan bakar minyak memang sebaiknya dibatasi karena semakin lama akan semakin langka. Tapi setidaknya untuk saat ini, hal ini belum terlalu menjadi masalah. Anda hanya harus menggunakan solar untuk genset solar Anda sehemat dan sebijaksana mungkin.

Keunggulan yang kedua terkait dengan struktur dari genset itu sendiri. Genset solar terdiri dari 2 jenis genset yaitu genset silent dan genset open. Keduanya dapat digunakan tergantung dari jenis kanopinya. Dari dua jenis genset solar tersebut, Genset Silent lebih disarankan karena kedap suara. Terdapat peredam suara pada enis genset ini sehingga saat bekerja, mesin cenderung lebih tenang dan tidak mengganggu lingkungan sekitar. Sementara itu, meskipun genset open juga bisa dikatakan tidak terlalu berisik, genset yang satu ini masih memproduksi suara saat digunakan.

Genset solar modern saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan penggunaan. Salah satunya adalah fitur electric start. Fitur ini cukup membantu pada saat lampu padam. Jadi pada saat terjadi pemadaman aliran listrik dari PLN atau terjadi gangguan listrik di rumah Anda, genset solar akan tetap menyala. Tentunya, untuk mendapatkan genset solar dengan fasilitas ini, Anda harus membayar lebih mahal.

Kekurangan Genset Solar

Genset solar memang memiliki beberapa kelebihan yang layak diperhitungkan. Namun, pada saat yang bersamaan, genset jenis ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya terkait dengan keamanan bahan bakar. Ya, penggunaan solar sebagai sumber tenaga cukup beresiko karena mudah terbakar. Memang, jika dibandingkan dengan penggunaan bensin, potensi kebakaran dari solar lebih kecil.

Kekurangan dari genset solar yang kedua adalah terkait dengan masalah emisi. Solar memang tidak menimbulkan emisi semasif bensin. Akan tetapi, bukan berarti solar tidak menimbulkan masalah ini sama sekali. Emisi sendiri memiliki berbagai dampak negatif terhadap lingkungan yang perlu untuk diwaspadai.

Yang terakhir, genset solar cukup rumit jika dibandingkan dengan genset jenis lain dalam hal penggunaan. Khususnya pada saat musim hujan atau musim dingin, genset ini terkadang sulit diaktifkan. Selain itu, dibutuhkan perawatan ekstra agar mesin tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *