Alternatif Lain dalam Memilih Genset Bekas

tips memilih genset

Tips memilih genset agar tidak salah pilih. Apakah Anda berencana untuk membeli genset? Sebaiknya sebelum membeli genset Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis atau tipe genset yang sesuai dengan kebutuhan. Genset menjadi peralatan penting yang dapat menjadi penolong disaat terjadinya pemadaman listrik. Terlebih lagi penggunaan genset untuk perkantoran ataupun industri.

Siapa yang tidak merasa terganggu jika listrik tiba-tiba mati? Tentu kita akan merasa jengkel jika sedang melakukan pekerjaan yang penting lalu listrik padam. Listrik telah menjadi kebutuhan primer terlebih bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Biasanya listrik padam karena pada saat itu cuaca sedang buruk sehingga untuk keselamatan listrik harus dipadamkan. Bisa juga karena kurangnya pasokan energi sehingga menyebabkan pemadaman. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan gangguan listrik yang padam, kita memerlukan genset sebagai alternatif pengganti listrik sementara.

Meski menjadi alternatif pengganti listrik, tidak semua orang mampu membeli genset baru. Karena harga genset baru yang tidak cukup murah, maka orang memilih untuk membeli genset bekas.  Jika Anda memiliki budget yang terbatas, tips membeli genset bekas ini dapat menjadi solusinya. 

Genset bekas berkualitas

Meski bekas, tapi Anda tak perlu khawatir jika Anda mengerti cara memilih genset bekas namun berkualitas.

  1. Perhatikan tahun produksi genset yang akan Anda beli. Selain itu, coba tanyakan pada penjual apakah genset pernah dioverhaul. Karena tidak semua orang dapat melakukan overhaul pada genset.
  2. Anda bisa meminta penjual untuk melakukan uji beban kerja genset. Uji beban ini bertujuan agar Anda mengetahui efisiensi keseluruhan kekuatan pada genset.
  3. Menanyakan garansi pada penjual juga penting karena jika garansi masih berlaku Anda dapat bernafas lega saat terjadi masalah masih bisa diatasi.
  4. Ada baiknya Anda tidak membeli genset bekas yang sudah tua yaitu lebih dari 15 tahun. Ini akan menyulitkan Anda saat mencari sparepart karena mungkin sudah jarang diproduksi.

Semoga beberapa tips membeli genset diatas dapat membantu Anda menentukan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *