Ketentuan dan Syarat Pinjam Uang Jaminan Sertifikat Rumah

Ilustrasi uang

Pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah memiliki ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi. Tugas kamu adalah melengkapinya agar pengajuanmu segera menerima dana. Berikut ketentuan dan syarat pinjam uang jaminan sertifikat rumah:

  • Lokasi Rumah

Ketentuan yang harus diperhatikan salah satunya adalah lokasi rumah. Apabila kamu menggunakan jaminan sertifikat rumah, maka sudah tentu harus mempertimbangkan lokasi rumahnya. Pasalnya lokasi rumah menjadi sebuah hal yang penting bagi pihak penyedia jasa pinjaman. 

Apabila lokasi rumah kamu dekat dengan saluran udara tegangan ekstra tinggi alias dekat dengan area tower listrik, pemakaman atau gang sempit, maka akan sulit diterima. Kemungkinan besarnya pengajuan kamu akan ditolak. Oleh karena itu pastikan lokasi rumah yang akan menjadi jaminan pinjaman berada di lokasi yang strategis. Akan lebih baik lagi jika lokasinya di perkotaan tepatnya wilayah elit. 

  • Syarat Lengkap

Pengajuan kamu akan diterima apabila kamu memenuhi seluruh persyaratan dengan tepat dan sesuai. Pelajarilah syarat yang harus dipenuhi pada setiap lembaga keuangan sebelum mengajukan pinjaman. Apabila kamu yakin dapat memenuhi syarat yang diberikan, maka lanjutkan langkah untuk pengajuan selanjutnya. 

Hal yang paling utama adalah memastikan bahwa sertifikat rumah tersebut atas nama sendiri. Kemudian pastikan pula data KTP dengan Kartu Keluarga sesuai tanpa beda. Jika kamu sudah menikah, maka status perkawinan KTP dan Kartu Keluarga harus sudah menikah. Perbedaan satu huruf atau angka saja dapat menyebabkan syarat pinjam uang jaminan sertifikat rumah kamu ditolak. 

  • Besar Pinjaman

Jika kamu ingin pengajuanmu disetujui, maka hindari pengajuan pinjaman dana yang tidak sesuai dengan harga total rumah. Selain itu pastikan pula kamu mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak memberatkan ketika angsuran bulanannya. 

Patokannya, jika sertifikat rumah yang kamu jaminkan bernilai Rp 200 juta, maksimal dana pinjaman yang bisa diajukan adalah Rp 180 juta atau 80% dari total nilai rumahnya. Meskipun pihak lembaga keuangan menawarkan pinjaman dalam jumlah lebih besar, sebaiknya kamu jangan terjebak karena belum tentu disetujui. 

  • Lembaga Terpercaya

Hidup di zaman serba canggih tentu saja membuat kamu lebih mudah mencari lembaga keuangan terpercaya untuk mengajukan pinjaman. Jangan pernah melakukan pengajuan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat apabila lembaga tersebut belum terdaftar sebagai lembaga keuangan resmi. Pastikan kamu memilih lembaga keuangan yang kredibel dan resmi. 

Apabila terjadi kesalahan, kamu dapat menuntut dengan mudah karena mereka memiliki badan hukum resmi. Lain halnya jika lembaga keuangan abal-abal, sertifikat rumah kamu bisa dibawa lari atau risiko terburuk lainnya. 

Itulah beberapa syarat pinjam uang jaminan sertifikat rumah yang harus dipenuhi dan diperhatikan agar dana mudah dicairkan oleh lembaga keuangan resmi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *