Mengenal Apa itu, dan Tugas Perusahaan Payment Gateway!

Ilustrasi payment gateway untuk transaksi online

Perkembangan transaksi online (e-commerce) belakangan ini, secara tidak langsung membawa perkembangan dan perubahan tersendiri pada sistem pembayaran. Dituntut agar lebih mudah, praktis,dan cepat, maka dari itu mulai bermunculan perusahaan payment gateway.

Apa itu perusahaan payment gateway

Sebelum membahas tentang perusahaan payment gateway. Ada baiknya jika Anda mengenal dahulu apa itu payment gateway. Sadar atau tidak, pastinya Anda pernah mendengar atau bahkan menggunakan layanan yang satu ini.

Payment gateway sendiri adalah sebuah gerbang atau juga medium transaksi, yang disediakan secara khusus, oleh layanan aplikasi e-commerce, untuk dapat memberikan otoritas pemrosesan kartu kredit atau juga pembayaran langsung, untuk kliennya, dalam bentuk aktivitas bisnis elektronik atau juga online. Jadi bagi Anda yang suka berbelanja online, pastinya pernah menggunakan layanan yang satu ini.

Jadi artinya perusahaan payment gateway ini adalah sebuah perusahaan, yang akan menyediakan sebuah sistem pembayaran, secara online atau cashless, baik untuk para pedagang online (e-commerce), atau juga para pembeli yang membeli barang di penjual barang online tersebut. Saat ini perusahaan payment gateway sudah cukup banyak, dan berkembang secara pesat di Indonesia, lantaran perkembangan bisnis e-commerce dan transaksi elektronik lainnya, yang juga meminta atau bahkan menuntut sistem pembayaran jadi lebih mudah dan juga lebih praktis.    

Tugas perusahaan payment gateway

 Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tugas dari perusahaan payment gateway tersebut, antara lain :

  1. Menyediakan sistem pembayaran online yang praktis, yang dapat digunakan oleh pihak penjual atau pembeli. Biasanya sistem pembayaran yang dilakukan cukup mudah, hanya perlu mengunduh dan mendaftar, sisanya ada beberapa aturan dan teknik kerja khusus yang membedakan antara layanan pihak pembeli dan layanan untuk pihak penjual.
  2. Menyediakan sistem keamanan minimal standar, untuk proses payment gateway tersebut. Biasanya untuk standar prosedur keamanan yang digunakan, ada 3 sistem pelacakan, mulai dari Address verification System (AVS), Card Security Code (CV2), 3D Secure password. Sistem keamanan tersebut tidak hanya berlaku pada website saja, namun juga berlaku pada aplikasi di ponsel pintar, baik untuk pihak pembeli dan juga untuk pihak penjual.  
  3. Bekerja sama dengan beberapa niaga daring, guna membentuk suatu ekosistem yang kuat, guna memudahkan sistem transaksi. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan payment yang bekerjasama dengan berbagai macam niaga daring, untuk memudahkan pada penggunanya, dalam melakukan transaksi elektronik, dan pembelian secara elektronik, dengan lebih mudah.   

Tips untuk Anda

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, saat ini perusahaan payment gateway tersebut sudah cukup banyak di Indonesia. Masing-masing mempunyai penawaran dan fasilitas yang berbeda untuk para penggunanya. Baik itu untuk penjual dan pembeli. Anda yang ingin menggunakan layanan dari perusahaan payment gateway tersebut, ada baiknya jika mempelajari spesifikasi yang diberikan, dan apakah sesuai dengan yang Anda butuhkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *