Sejarah Uang Elektronik Sebagai Asal Usul Cara Pembayaran Online

Ilustrasi Pembayaran Online

Berbicara soal cara pembayaran online, tentunya tidak lepas dari hal – hal yang berhubungan dengan uang elektronik. Tentunya, keberadaan uang elektronik tidaklah semata – mata langsung muncul dengan memiliki keberhasilan percobaan dalam awal kemunculannya. Tentu banyak sejarah dan banyak hal yang perlu diketahui seputar uang elektronik yang berhubungan dengan cara pembayaran online ini. Nah, maka dari itu, kali ini Saya ingin membahas sedikit mengenai sejarah dari uang elektronik sebagai asal usul cara pembayaran online dan sedikit mengenai uang elektronik ini. Penasaran? Untuk itu, simak informasinya berikut ini ya!

Sejarah Uang Elektronik Sebagai Asal – Usul Cara Pembayaran Online

Jadi, sebenarnya untuk uang elektronik sendiri memang sudah dikembangkan sejak tahun 1960 yang mana ada suatu perusahaan komputer yang dikenal dengan IBM ini melakukan kerja sama dengan pihak American Airlines yang kemudian melakukan suatu rancangan sistem yang dinamai dengan SABRE atau kepanjangannya adalah Semi Automatic Business.

Nah, dengan kemunculan sistem tersebut, kemudian penerbangan amerika berhubungan dengan terminal dengan melalui jaringan telepon sehingga pihak kantor tersebut bisa melakukan kontrol jadwal penerbangan dan ketersediaan kursi serta memasukkan digital order lalu kemudian bisa dibayarkan secara kredit. 

Kemudian di tahun 1970, lebih banyak bank lagi yang pada akhirnya bisa melakukan konfirmasi transaksi yang dilakukan cabang dengan beberapa bank lainnya. Hingga kemudian proses pengembangan ini selalu berkembang secara bertahap yakni tahun 1983, 1997, hingga kemudian mulai semakin di kenal di tahun 2008, dan semakin banyak pihak yang akhirnya melakukan proses cara pembayaran online.

Ciri – Ciri Uang Elektronik

Proses perkembangan uang elektronik kemudian juga berkembang di Indonesia. Menurut Bank Indonesia, karakteristik uang elektronik adalah sebagai berikut :

  • Saat melakukan transaksi, jumlah uang klien akan terpotong sejumlah besaran transaksi
  • Nilai uang yang tercantum merupakan otoritas klien
  • Serta perpindahan nilai uang nantinya akan dalam bentuk elektronik bisa dilakukan secara offline  dengan melakukan konfirmasi pada sebuah merchant level dan tidak perlu publisher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *