Bagaimana Proses Pembuatan Pipa SCH 40 Seamless

Penggunaan pipa SCH 40 tentu sudah dikenal baik. Tapi banyak orang tidak begitu tahu tentang proses pembuatannya. Mari bahas soal proses ini pada artikel berikut!

Proses Pembuatan

Proses pembuatan pipa besi ini memiliki 3 proses. Proses ini antara lain adalah pencampuran bijih besi, proses peleburan dan proses casting.

Pencampuran Bijih Besi

Proses ini memastikan bijih besi yang digunakan baik. Besi mentah berbentuk bijih ini harus dicampur dengan berbagai bahan lain untuk menghasilkan baja yang kuat. Campuran yang pas akan menghasilkan besi yang tidak hanya kuat tapi tahan akan karat dan strukturnya lebih stabil. Pencampuran yang biasanya dilakukan melibatkan bijih besi merah dan bijih logam mineral.

Proses Peleburan

Proses selanjutnya adalah peleburan. Pada tahap ini, campuran tadi dipanaskan hingga menjadi cair. Proses ini melibatkan suhu sangat tinggi dan tungku tempat peleburan yang besar. Penggunaan tungku besar ini ditujukan untuk mengurangi kadar karbon dan membersihkan kotoran dari material bahan.

Pada proses ini juga, pemusatan karbon terjadi. Karbon monoksida yang terbentuk dalam tungku akan digunakan untuk menghilangkan oksigen dalam cairan tersebut. Saat bahan lebur benar – benar siap, barulah beralih ke tahap berikutnya

Proses Casting

Proses terakhir ini dinamakan proses casting iron. Untuk prosesnya, suhu direndahkan dari proses peleburan. Besaran suhu hanya digunakan untuk menjaga bentuk cair pada besi. Selanjutnya leburan logam akan dipindahkan ke tabung bentuk silinder dengan rongga di tengahnya.

Hal ini bisa disamakan dengan proses mencetak pada banyak barang besi lain. Setelah itu, silinder besi akan dihaluskan bagian lubangnya dengan penuh berbentuk peluru. Hal ini akan menghasilkan pipa SCH 40 yang masih panas.

Finishing dan Penyimpanan

Untuk finishing, pipa didinginkan dan distemper khusus agar tidak bengkok karena pemuaian. Jika sudah stabil suhunya, pipa ini sudah siap untuk dijual. Biasanya, untuk menghindari kerusakan, pipa ditumpuk bersilangan dan dengan pelindung.

Bagaimana, apakah sudah jelas cara pembuatan pipa ini? Mudah – mudahan bahasan tentang proses membuat pipa SCH 40 ini menarik bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *