Biaya Cek Kesuburan & Tahapan Pemeriksaan Kesuburan Pada Wanita

Biaya Cek Kesuburan Wanita

Biaya cek kesuburan wanita – Pemeriksaan kesuburan untuk pria dan wanita biasanya dimulai dengan pemeriksaan fisik secara umum. Seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan lain sebagainya. Pasien juga akan dimintai informasi tentang riwayat kesehatan dan juga pola hidup, seperti apakah menjalani diet tertentu, merokok atau tidak, dan lain-lain.

Tahapan Pemeriksaan Kesuburan Pada Wanita

  • Tes Ovulasi

Tes ovulasi dilakukan untuk melihat apakah tubuh pasien memproduksi sel telur secara teratur. Tes ini dilakukan dengan mengukur kadar hormon yang mempengaruhi produksi sel telur.

  • Pemeriksaan Cadangan Sel Telur Pada Ovarium

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan jumlah sel telur pasien pada masa ovulasi. Sehingga tes ini dilakukan pada masa awal siklus menstruasi dengan memeriksa kadar hormon.

  • Tes Hormon

Tes hormon ini tidak wajib. Namun, beberapa pasien mungkin dianjurkan untuk melakukan tes hormon. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kadar hormon, seperti hormon tiroid dan kelenjar pituitari yang mempengaruhi proses reproduksi.

  • Hysteroscopy

Hysteroscopy adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan memasukkan alat khusus melalui leher rahim. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau kondisi rahim serta memeriksa kemungkinan adanya gangguan atau kelainan di rahim pasien.

Estimasi Biaya Cek Kesuburan Wanita

Jika Anda hanya melakukan pemeriksaan terhadap level hormon tertentu, biayanya ratusan ribu rupiah, berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 650.000. Namun jika Anda melakukan pemeriksaan kesuburan secara menyeluruh, biayanya umumnya akan lebih mahal. Perkiraan biayanya sekitar Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.500.000. Disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu untuk menentukan pemeriksaan mana yang Anda butuhkan. Karena ada beberapa pemeriksaan yang tidak perlu dilakukan pada beberapa pasien dan sebaliknya.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda datang langsung atau telepon ke rumah sakit atau klinik dimana Anda ingin melakukan pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui biayanya dengan benar. Jika rumah sakit memiliki situs resmi, Anda juga bisa mengakses situs resmi tersebut untuk mengetahui biaya cek kesuburan wanita yang dikenakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *