Jangan Asal Pilih Sekolah ! Inilah 4 Perbedaan Sekolah Internasional Balikpapan dan Sekolah Lain yang Harus Diketahui oleh Para Orang Tua

Ilustrasi seorang siswa pria sedang duduk di halaman sekolah internasional balikpapan

Penasaran dengan perbedaan Sekolah Internasional Balikpapan dan sekolah lain? Berikut kami sajikan empat perbedaan mendasar antara sekolah Internasional dan sekolah nasional agar anda tidak salah dalam memilih pendidikan terbaik untuk sang buah hati. Fatal loh akibatnya kalau ayah dan bunda asal pilih sekolah untuk mereka.

1. Kurikulum Sekolah Internasional

Sebelum memasukkan anak ke sekolah kalian harus tahu kurikulum apa yang digunakan oleh sekolah yang menjadi tujuan sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kelangsungan belajar sang buah hati.

Kurikulum merupakan acuan pembelajaran yang digunakan oleh sebuah instansi atau penyelenggara pendidikan, yang di dalamnya berisi rancangan materi ajar, yang akan diberikan kepada para siswa dalam satu periode di sebuah jenjang pendidikan.

Sekolah internasional, baik yang ada di Jakarta  Medan, Yogyakarta, pun juga Sekolah Internasional Balikpapan memiliki acuan kurikulum tersendiri yang tidak mengacu pada kurikulum pembelajaran dari  pemerintahan Indonesia. 

Kurikulum yang digunakan sesuai dengan sistem pendidikan Internasional. Kurikulum tersebut mengacu pada lembaga penyelenggara pendidikan. Bisa jadi dari Australia, Singapura, Inggris, atau negara lainnya.

2. Sistem Pembelajaran di Sekolah Internasional

Sama halnya denganSekolah internasional di Jakarta, sekolah internasional yang ada di daerah lain pada umumnya menerapkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel dan tidak membosankan.

Peserta didik dapat memilih pelajaran yang sesuai dengan minatnya, di luar pelajaran utama seperti matematika dan bahasa Inggris. Mereka boleh memilih pelajaran kesenian, olahraga, ilmu sosial, atau yang lain yang mereka sukai.

Dengan memilih pelajaran yang sesuai dengan minat, siswa diyakini akan mampu mengembangkan skill. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kehidupan mereka ke depannya. Sekolah juga menjadi tidak membosankan.

3. Bahasa yang Digunakan

Sekolah internasional di indonesia tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Hal ini berlaku di semua sekolah bertaraf Internasional yang ada di Indonesia. 

Bahasa pengantar utama yang digunakan di sekolah berbasis internasional umumnya adalah bahasa Inggris. Namun, tidak menutup kemungkinan bahasa-bahasa lain seperti bahasa Mandarin, Jerman, Rusia, dan lainnya juga digunakan. 

Hal tersebut terjadi karena siswa dan pengajar yang ada di sekolah Internasional tidak hanya orang Indonesia saja. Mereka berasal dari berbagai negara yang ada di belahan bumi ini. 

4. Ujian Sekolah

Tidak sama dengan sekolah lain, peserta didik di sekolah Internasional harus melalui ujian-ujian tertentu untuk bisa lulus dari jenjang pendidikan yang ditempuhnya. Bukan hanya ujian Semester atau Ujian Nasional.

Siswa dari sekolah Internasional termasuk sekolah internasional balikpapan harus melalui ujian yang telah ditetapkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan terkait. Standar kelulusan mereka berbeda dengan standar kelulusan Indonesia

Bagaimana? Sudah siap memasukkan anak ke sekolah Internasional?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *